Tujuan Partai Nasional Indonesia (PNI)

No comment 89 views

PNI berdiri pada tanggal 4 Juli 1927 di Bandung. PNI didirikan oleh para pelajar yang tergabung dalam Algemeene Studie Club dengan Ir. Soekarno sebagai ketuanya.

Partai Nasional Indonesia

Tujuan ini hendak dicapai dengan asas percaya pada diri sendiri (selfhelp). Artinya memperbaiki keadaan politik, ekonomi, sosial dengan kekuatan sendiri, misalnya mendirikan sekolah-sekolah, poliklinik-poliklinik, bank nasional, dan koperasi.

PNI tidak mau bekerja sama dengan penjajah (nonkooperatif). Pergerakn PNI didasarkan pada semboyan Marhaenisme, artinya memperjuangkan rakyat miskin. Berikut ini faktor-faktor yang mendorong lahirnya Partai Nasional Indonesia.

a. Kesadaran Nasional semakin tinggi

b. Manyak cendikiawan

c. Penindasan Pemerintahan Belanda

d. Dibubarkannya PKI

Berdirinya PNI telah menggerakan kehidupan politik di indonesia dalam usaha mencapai kemerdekaan indonesia. Usaha-usaha yang dilakukan dalam berbagai bidang di antaranya politik, ekonomi, dan sosial.

a. Politik

Usaha yang ditempuh dengan memperkuat rasa kebangsaan, pesatuan dan kesatuan, memajukan pengetahuan sejarah kebangsaan, mempererat kerja sama dengan bangsa Asia, dan menumpas segala perintang kemerdekaan dan kehidupan politik.

b. Ekonomi

Usaha yang ditempuh dengan cara memajukan perdagangan rakyat, kerajinan, atau industri kecil, bakn-bank, sekolah-sekolah, dan koperasi.

c. Sosial

Usaha yang ditempuh dengan cara memajukan pengajaran yang bersifat nasional, meningkatkan derajat kaum wanita, memerangi pengangguran, memajukan transmigrasi, dan memajukan kesehatan rakyat dengan mendirikan poliklinik dan memberantas pemadatan, serta mendirikan serikat-serikat pekerja.

Lihat Juga : Sifat Air

author
No Response

Leave a reply "Tujuan Partai Nasional Indonesia (PNI)"