Pengertian Peta dan Bentuk-Bentuk Peta

No comment 28 views

Misalkan kita ingin mencari harta karun, dan satu-satunya orang yang tahu di mana harta itu tidak dapat melakukan perjalanan bersama kita. Bagaimana kita akan menemukan harta karun itu?

Orang yang tahu di mana harta itu bisa menjelaskan kepada kita secara detail bagaimana untuk mendapatkan dan menemukan harta karun itu. Tetapi apa yang terjadi jika kita melupakan bagian penting dari petunjuk itu? Kita akan harus melakukan perjalanan sepanjang jalan kembali dan minta kepada orang itu untuk mengulangi lagi memberikan keterangan di mana harta itu tersembunyi.

Kita bisa minta orang tersebut untuk menuliskan petunjuk bagi kita. Dengan begitu, kita tidak akan melupakannya. Setelah petunjuk ini di tangan, kita dapat dengan mudah merujuk kembali pada mereka sesuai kebutuhan. Daftar petunjuk tertulis akan menjadi alat yang lebih berguna, tapi apa yang akan terjadi jika kita tersesat?

Setelah kita pergi saja, petunjuk tertulis akan tidak lagi berguna bagi kita. Petunjuk ini hanya ditentukan bagaimana menemukan harta karun dari satu ti-tik awal tertentu, dan bukan dari posisi kita yang hilang saat ini. Sebuah peta dapat memecahkan kedua masalah ini.

Pengertian Peta

Pengertian Peta

Sebuah peta adalah gambaran dua dimensi area spesifik tanah. Peta menjelaskan dalam format visual atau grafis fitur wilayah yang diperiksa. Misalnya, peta jalan dari negara bagian Montana.

Sebuah peta jalan mungkin juga menunjukkan kota-kota , serta beberapa tujuan lainnya dalam negara. Peta uang lain mungkin menunjukkan penyebaran burung di sepanjang lahan basah dari Great Salt Lake, ataupenyebaran i populasi manusia di seluruh dunia.

Peta adalah alat penting dan sangat diperlukan untuk geografer. Peta membantu geografi memahami cara visual hal penting tentang permukaan bumi. Di mana evergreen tumbuh, di mana gunung berapi aktif meletus, dan di mana ikan trout yang paling mungkin ditemukan, semua contoh letak geografi menggunakan peta.

Peta telah digunakan oleh manusia selama ratusan tahun. Ketika teknologi telah ditingkatkan, sehingga peta memiliki kualitas dan akurasi. Peta kuno biasanya digambar oleh penjelajah. Itu tidak mungkin pada waktu itu bagi siapa saja untuk meninggalkan Bumi dan melihat ke bawah di benua besar di bawah ini. Semua bisa mereka lakukan hanyalah berjalan di sekitar formasi tanah yang berbeda, dan kemudian melakukan yang terbaik untuk menggambar apa yang mereka pikirkan tentang bumi.

Bentuk-Bentuk Peta

Menurut bentuknya, peta dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu peta datar, peta timbul, dan peta digital.

1) Peta datar, disebut peta biasa atau peta planimetri, dibuat pada bidang datar seperti kertas atau papan. Bentuk permukaan bumi pada peta datar dapat dilihat dari perbedaan warnanya.

2) Peta timbul atau peta relief atau peta stereometri, merupakan peta yang dibuat berdasarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya. Peta relief merupakan model pencitraan tiga dimensi suatu wilayah. Peta jenis ini biasanya dibuat dengan mengukirkan lempung atau lapisan campuran semen. Untuk menekankan relief, skala vertikal pada peta relief biasanya digambarkan lebih jelas dari skala horizontal. Peta jenis ini dapat dibuat dengan cara dicetak. Peta relief banyak digunakan dalam dunia militer dan perencanaan pembangunan wilayah.

3) Peta digital, yaitu peta yang dibuat dengan perangkat digital seperti komputer. Peta ini dibuat berdasarkan data-data yang telah dimiliki, kemudian diolah dengan komputer menggunakan program khusus untuk mendapatkan tampilan sebenarnya. Peta digital dapat disimpan dalam bentuk file maupun dicetak pada kertas.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Pengertian Peta dan Bentuk-Bentuk Peta"