Pengertian Asteroid

No comment 20 views

Jutaan asteroid bertebaran dalam tata surya kita, berbunyi dan menabrak satu sama lain saat mereka mengorbit matahari. Artikel ini akan mendefinisikan dan menjelaskan sifat-sifat asteroid dan bagaimana mereka telah membentuk Bumi.

Pengertian Asteroid

Definisi

Sebuah asteroid adalah benda yang terbuat dari batu dan / atau es yang mengorbit matahari. Planet juga sesuai dengan definisi ini, tetapi sebuah asteroid tidak memiliki beberapa fitur yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah planet. Misalnya, asteroid tidak memiliki bentuk bola yang konsisten seperti yang terlihat pada planet.

Juga, planet cukup besar untuk membersihkan benda-benda lain dari jalan langsung mereka. Ini tidak terjadi dengan asteroid, yang dapat dilihat dengan mempelajari sabuk asteroid. Permukaan asteroid dikotori dengan kawah yang dibentuk dari dampak asteroid lain, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

Asteroid terbesar saat ini dikenal adalah Ceres. Dengan diameter 590 km, Ceres mengorbit lebih dari dua kali jarak dari Matahari.

Contoh Permukaan Asteroid

Lokasi Sabuk asteroid

Hanya melewati Mars terletak cincin lebih dari dua juta asteroid yang mengorbit matahari. Asteroid ini terbentuk seiring dengan pembentukan tata surya 4,5 miliar tahun lalu. Tidak seperti planet, asteroid dan bagian batu tersebut yang berukuran kecil di sini terhalang untuk bergabung ke planet oleh gravitasi Jupiter.

Dengan begitu banyak asteroid mengorbit matahari, itu tak terelakkan bahwa mereka dapat bertemu dan bertabrakan satu sama lain. Kadang-kadang, tabrakan ini cukup kuat untuk menjatuhkan sebuah asteroid dari sabuk asteroid dan ke ruang terbuka. Jika kondisinya tepat, lintasan mereka dapat menempatkan mereka pada jalur tabrakan dengan Bumi. Dampak dari tumbukan yang terjadi ini memiliki efek bencana, termasuk kepunahan dinosaurus.

Asteroid Trojan

Sementara sebagian besar asteroid ditemukan pada sabuk asteroid, asteroid lainnya dapat terletak pada orbit bulan dan planet-planet. Asteroid yang terletak pada jalur yang sama dengan orbit planet, tetapi di lokasi yang berbeda, yang mampu bertahan karena mereka tidak bertabrakan dengan planet ini.

Dampak

Sepanjang sejarah bumi, dan bahkan baru-baru ini seperti tahun 2013, dampak asteroid telah menyebabkan kerusakan yang histeris, dan bahkan kepunahan lengkap.

Chelyabinsk

Pada tanggal 15 Februari 2013 sebuah asteroid memasuki atmosfer bumi diatas Rusia, yang melakukan perjalanan di lebih dari 41.000 mil per jam.

Panas dari molekul udara menyebabkan meteor meledak saat berada dalam penerbangan, menyebabkan ledakan besar di atmosfer. Ledakan menyebabkan kaca pecah dan beberapa bangunan runtuh dan sekitar 1.500 orang terluka. Di kota Chelyabinsk, pecahan meteorit kecil telah ditemukan.

author
No Response

Leave a reply "Pengertian Asteroid"