Mengapa di Dunia Ada Empat Musim

No comment 19 views

Musim itu sama umurnya dengan bumi. Tetapi kapan musim akan datang? Apakah setiap bagian bumi memiliki musim yang berbeda? Bagaimana musim berbeda-beda di berbagai belahan dunia?

Mengapa di Dunia Ada Empat Musim

Mengapa di Dunia Ada Empat Musim?

Karena musim didasarkan pada revolusi planet mengelilingi matahari, musim berubah pada waktu yang sama setiap tahun, meskipun dua bagian dari keadaan musim pada planet tersebut yang berlawanan!

Musim berubah pada atau sekitar tanggal 21 setiap empat bulan yakni Juni, September, Desember dan Maret. Di belahan bumi utara, Desember mulai musim dingin, Maret mendatangkan pada musim semi, Juni berarti mulai musim panas dan September memberikan cuaca musim gugur. Di belahan bumi Selatan, yang terjadi adalah sebaliknya. Desember mulai musim panas, Maret adalah awal musim gugur, Juni mulai musim dingin dan musim semi pada bulan September.

Musim dibuat oleh dua peristiwa yang sangat penting – rotasi bumi yang memberi kita siang dan malam, dan revolusi bumi mengelilingi matahari yang memberi kita tahun . Karena matahari tidak pernah berubah, hanya pergerakan bumi menciptakan perubahan cahaya dan kegelapan, dan suhu.

Orbit bumi mengelilingi matahari berbentuk lonjong (lingkaran gepeng), dan planet tidak berada pada posisi lurus ke atas dan ke bawah. Bumi berada di kemiringan. Ketika Bumi bergerak mengelilingi dalam jalurnya di sekitar matahari kita, maka bagian tertentu dari planet lebih dekat dengan matahari.

Jika sumbu (garis lurus imajiner sekitar yang Bumi berputar untuk membuat hari dan malam) mengarah ke arah matahari, maka belahan tersebut yang dapat mendapatkan musim panas. Jika sumbu menjauh dari matahari pada saat perputaran tahunan bumi, maka setengah dari planet ini akan mengalami musim dingin.

Karena itu, planet belahan bumi utara memiliki musim panas sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim dingin. Sepertinya aneh bagi anak-anak di Australia melaksanakan Natal pada musim salju seperti pada anak-anak di New York untuk memikirkan percikan di kolam renang pada bulan Desember karena di New York sedang berada pada musim panas. Itulah keadaan musim, meskipun, ketika dua belahan bumi yang memiliki musim yang berlawanan.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Mengapa di Dunia Ada Empat Musim"