Mengapa Bumi dan Planet Berputar ke Arah yang Sama

Jika Kita telah melihat salah satu film yang diambil oleh astronot di luar angkasa, Kita tahu bahwa bumi berputar. Berputar begitu lambat sehingga kita bahkan tidak menyadarinya. Putarannya pada arah yang berlawanan dengan arah jarum jam (mundur dari arah jam) dan hampir semua planet dalam sistem tata surya kita berputar ke arah yang sama.

Mengapa Bumi dan Planet Berputar ke Arah yang Sama

Mengapa Bumi dan Planet Berputar ke Arah yang Sama

Untuk memahami mengapa bumi berputar, kita harus mengkaji kembali pada waktu bagaimana sistem tata surya kita diciptakan. Dalam mencapai ruang angkasa yang jauh, awan gas dan debu terbentuk dalam apa yang disebut ‘nebula’. Ini adalah tempat kelahiran bintang.

Ketika awan gas berputar-putar dan debu berputar terkumpul bersama-sama dengan tekanan yang besar. Dalam kasus nebula, pada penciptaan bintang. Ledakan bintang lain akan mengakibatkan bintang yang baru dan akhirnya terjadi ledakan bintang semuanya.

Ledakan menyebabkan bintang dan semua debu dan kotoran berputar. Karena semuanya tertembak di arah yang sama akibat ledakan, mereka berputar ke arah yang sama.

Ada begitu banyak debu yang telah berkumpul dan potongan-potongannya mulai menabrak satu sama lain, akhirnya membentuk asteroid dan ini ditarik oleh gravitasi dari bintang berputar. Hal ini berlangsung selama miliaran tahun, dengan segala sesuatu yang menabrak dan menabrak bersama-sama.

Potongan besar dan lebih besar terbentuk sebagai asteroid bertabrakan dan tetap bersama-sama, sambil mereka semua berputar dalam arah yang sama.

Bintang memiliki gravitasi yang perlahan-lahan menarik semua asteroid, debu, kotoran dan segala sesuatu yang lain di arah itu. Proses ini menciptakan lebih banyak tabrakan sampai akhirnya mereka membentuk apa yang akan menjadi planet. Dalam hampir semua kasus, bahkan menabrak satu sama lain tidak mengubah arah bahwa mereka berputar. Itulah cara kuat ledakan itu. Bintang yang ada di tengah-tengah semua tidak beraturan ini, menjadi matahari di masa depan.

Ketika planet berputar, mereka juga dapat berbenturan satu sama lain, membentuk planet yang lebih besar, dengan kiri atas potongan-potongan yang membentuk apa yang akan menjadi bulan. Gravitasi matahari terus menarik selama miliaran tahun lagi sampai planet memiliki rotasi yang tetap dalam mengelilingi matahari.

Jika kita telah keluar dalam sebuah pesawat ruang angkasa, menyaksikan semua ini terjadi, kita akan melihat bahwa semua planet masih berputar dalam arah yang samai. Beberapa planet berputar lebih cepat daripada yang lain, tapi semua berputar dan perlahan berputar-putar mengelilingi matahari dalam orbitnya sendiri.

Kita juga akan melihat berbagai bulan sekitar planet. Ini dapat berputar dalam arah yang sama dengan planet karena mereka diciptakan setelah ledakan pertama.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Mengapa Bumi dan Planet Berputar ke Arah yang Sama"