Mengapa Beberapa Ilmuwan Menganggap Pluto Bukan Planet

Pluto ditemukan sekitar tahun 1930 dan Pluto adalah satu-satunya planet di wilayah luar luas tata surya kita. Pluto selalu dianggap sebagai planet yang aneh tapi itu menjadi favorit di antara para ilmuwan planet.

Hal ini dinamakan dewa mitologi Yunani. Ketika ada keputusan yang dibuat untuk mengubah definisi planet, yang berarti Pluto turun sebagai salah satu planet di tata surya kita.

Apakah Pluto sebuah planet?

Pada awal  Pluto  ditemukan, para ilmuwan juga menemukan bahwa Pluto memiliki bulan di sekitarnya, dengan cara yang sama bahwa bumi memiliki bulan tunggal.

Kemudian, ia menyadari bahwa Pluto sebenarnya salah satu dari banyak objek di daerah tata surya yang disebut sabuk asteroid (juga dikenal sebagai Sabuk Kuiper) dan bahwa ada sekitar 70.000 benda di daerah itu; banyak yang lebih besar dari Pluto. Ini menempatkan pertanyaan di benak para astronom apakah Pluto seharusnya pernah dianggap planet sama sekali.

Advertisement

Pada tahun 2006, para astronom bertemu di Majelis Umum ke-XXVI dari International Astronomical Union untuk membuat definisi akhir apa itu planet ?. Pada pertemuan ini, mereka menciptakan definisi planet sebagai berikut: Perlu mengorbit mengelilingi matahari.

Hal ini perlu memiliki cukup gravitasi untuk menarik dirinya menjadi bentuk bola. Ini perlu memiliki ‘membersihkan lingkungan’ orbitnya. Ketika para ilmuwan semuanya setuju, planet kecil Pluto tidak berhasil dikategorikan sebagai planet, terutama karena kebutuhan terakhir.

Pluto tidak ‘membersihkan lingkungan’, melainkan dikelilingi oleh ribuan benda-benda lain. Sebuah planet yang benar baik akan menyerap benda-benda atau mengusir mereka dari lokasi dekat dengan planet intinya.

Pluto
Pluto

Dan, meskipun Pluto tidak memenuhi persyaratan dari dua bagian pertama dari definisi tersebut dikeluarkan sebagai planet resmi dalam tata surya kita dan, direklasifikasi sebagai ‘planet kerdil’.

Sementara itu mungkin tidak lagi menjadi planet, namun selalu ada banyak kepentingan di Pluto. Karena kepentingan, misi NASA yang disebut New Horizons memiliki rencana untuk mengunjungi Pluto dan mengambil gambar dari permukaan. Misi ini akan mencapai Pluto pada tahun 2015, dan pada saat itu semua penggemar Pluto akan dapat melihat apa yang benar-benar terlihat seperti.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *