Manfaat Fosil

No comment 32 views

Fosil merupakan jejak kehidupan purba. Bagi banyak orang kata “fosil” mungkin memunculkan gambar sedikit tulang atau cangkang yang mengeras, namun fosil dapat mengambil banyak bentuk. Jejak daun, serangga yang terawetkan dalam damar atau jejak kaki merupakan contoh dari berbagai jenis fosil. Para ilmuwan menggunakan fosil untuk mengumpulkan informasi tentang kehidupan dan hubungan evolusioner organisme, untuk memahami perubahan geologi dan bahkan untuk mencari cadangan bahan bakar fosil.

Manfaat Fosil

Manfaat Fosil

Fakta

Fosil tertua di Bumi adalah sekitar 3,8 miliar tahun, atau hampir satu miliar tahun lebih muda dari planet itu sendiri. Tanaman, hewan dan serangga semua dapat meninggalkan sisa-sisa fosil, tetapi organisme yang benar-benar bertubuh lunak, seperti ubur-ubur, cenderung meninggalkan fosil ketika mereka pergi. Bagian tubuh yang keras seperti gigi, tulang dan kulit yang paling mungkin untuk dipertahankan.

Mengintip ke Masa Lalu

Sisa-sisa fosil dapat memberi kita wawasan tentang bagaimana tanaman prasejarah dan hewan memperoleh makanan, direproduksi dan bahkan bagaimana mereka berperilaku. Pada saat ini fosil juga dapat memberikan bukti untuk bagaimana atau mengapa organisme fosil meninggal.

Lapisan Bumi

Fosil tidak hanya digunakan untuk memahami organisme individu. Ahli geologi juga menggunakan fosil untuk apa yang disebut korelasi biostratigrafi, yang memungkinkan peneliti untuk mencocokkan lapisan batuan di lokasi yang berbeda pada usia berdasarkan seberapa mirip fosil di setiap lapisan batuan. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu memahami ketika berbagai lapisan batuan terbentuk bahkan ketika jarak yang cukup jauh memisahkan mereka.

Mendokumentasikan Perubahan

Interpretasi lingkungan, atau memahami bagaimana Bumi telah berubah dari waktu ke waktu, adalah daerah lain di mana fosil menyediakan bukti yang tak ternilai. Jenis fosil yang ditemukan di lokasi tertentu memberitahu kita apa jenis lingkungan yang ada ketika fosil tersebut terbentuk. Sebagai contoh, jika Anda menemukan fosil hewan laut seperti brachiopoda di batu pasir di halaman belakang Anda, Anda tahu bahwa di mana rumah Anda berdiri harus pernah menjadi samudra.

Fosil dan Minyak

Fosil juga memiliki aplikasi praktis dan komersial. Minyak yang digunakan dalam energi dan industri plastik kita cenderung untuk mengumpulkan pada tipe tertentu dari lapisan batuan. Karena fosil dapat digunakan untuk memahami usia lapisan batuan yang berbeda seperti dijelaskan di atas, mempelajari fosil yang muncul ketika menggali sumur minyak dapat membantu pekerja menemukan cadangan minyak dan gas. Dan tentu saja, batu bara, minyak dan gas sendiri disebut “bahan bakar fosil” karena mereka terbentuk dari sisa-sisa organik dari organisme prasejarah.

Evolusi

Mungkin salah satu fungsi yang paling penting dari fosil dari perspektif ilmiah adalah bahwa mereka merupakan satu baris bukti untuk memahami evolusi. Dengan menggunakan informasi potongan bersama dari bukti fosil, para ilmuwan dapat merekonstruksi jenis tubuh hewan yang tidak lagi ada dan mengumpulkan “Tree of Life” untuk menggambarkan hubungan evolusioner antara organisme.

Catatan Fosil

Fosilisasi adalah proses yang relatif langka. Kebanyakan organisme tidak diawetkan dalam catatan fosil. Karena organisme bertubuh lunak, misalnya, biasanya tidak membentuk fosil, bisa ada “kesenjangan” dalam catatan fosil. Banyak simpanan fosil biasa tetap memberikan sekilas kejutan rinci ke masa lalu dan memungkinkan para ilmuwan untuk menyusun gambaran yang lebih lengkap tentang sejarah kehidupan di Bumi.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Fosil"