Lukisan Buatan AI Terjual Dengan Harga Fantastis

Lukisan Buatan AI Terjual Dengan Harga Fantastis

IlmuSosial.net – Pada pelelangan Christie’s hari Kamis 25 Oktober 2018 lalu sebuah lukisan yang menggambarkan figur seorang pria dengan sebuah mantel berwarna hitam berhasil terjual dengan harga yang fantastis. Harga  yang berhasil terjual adalah 432.500$ atau setara dengan Rp 6.6 Miliar.

Kalau diperhatikan, lukisan tersebut terbilang biasa saja bahkan menimbulkan kesan menyeramkan untuk sebagian orang. Karena wajah yang ditampilkan dalam lukisan tersebut tidak begitu jelas kelihatannya. Tentu saja anda heran, kenapa bisa harganya semahal itu? Jawabannya adalah karena pembuat lukisan tersebut adalah sebuah kecerdasan buatan (AI) pertama yang dimasukkan dalam pelelangan di dunia seni. Judul lukisan ini diberi nama “Portrait of Edmond Belamy”.

Untuk AI pelukisnya adalah Ovious, gaya lukisnya meniru seniman terkenal seperti Rembrandt van Rijn. Ia diajari dengan metode Gerative Adversarial Network (GAN) oleh para ahli yang termasuk di dalamnya Guthier Vernier, Pierre Fautrel dan Hugo Caselles-Dupre.

Alogaritma yang diterapkan GAN ini menggunakan Generator (yang menghasilkan karya) dan Discriminator (Pembeda antara buatan manusia dan AI)

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Caseller-Dupre, sistem ini diberi data 15.000 lukisan karya manusia dari abad ke-14 hingga abad ke-20. Cara kerjanya adalah generator berusaha membuat karya berdasarkan data-data yang diterima, sedangkan Discriminator berfungsi untuk membedakan mana yang buatan manusia dengan buatan Generator dengan tujuan untuk membodohi sang Discriminator.

Christie’s tidak menyangkal bahwa Discriminator lebih gampang dikelabuhi daripada mata manusia, dan karya yang dihasilkan juga belum mampu mengimbangi hasil buatan manusia. Namun hal positifnya adalah ini menjadi pertanda baik dalam dunia AI. Beliau juga mengatakan bahwa potret manusia bukanlah hal mudah untuk dihasilkan oleh AI. Alasannya adalah karena mesin tidak pernah mengenal kesulitan dan lekuk wajah.

Sebenarnya karya yang dihasilkan bukan hanya genre portrait saja, alogaritma GAN sudah berhasil membuat tulisan telanjang dan beberapa pemandangan. Akan tetapi menurut para pembuatnya, alogaritma tersebut kurang menantang dalam mengemulasi kreativitas manusia.

Sumber : https://sains.kompas.com/read/2018/10/26/180800823/pertama-di-dunia-lukisan-buatan-ai-terjual-rp-6-6-miliar

Baca Juga : Sifat Air

Tags:
author
One Response
  1. Karena Terus Bermain Handphone, Hal Mengerikan Terjadi Pada Wanita Ini3 weeks ago

    […] Baca Juga : Lukisan Buatan AI […]

    Reply

Leave a reply "Lukisan Buatan AI Terjual Dengan Harga Fantastis"