Komponen Utama dari Kerak Bumi

No comment 24 views

Komponen Utama dari Kerak Bumi

Komponen Utama dari Kerak Bumi

Komponen utama dari kerak bumi adalah batuan atau sedimen beku yang terbentuk dari proses kristalisasi magma.Kristalisasi adalah proses yang kompleks yang tidak sepenuhnya dimengerti, terutama disebabkan oleh kurangnya data termodinamika yang memadai mengenai berbagai komponen pada suhu dan tekanan tinggi.

Hal ini diketahui bahwa komponen yang berbeda dari magma memiliki perbedaan ti-tik leleh dan kepadatan, dan bahwa perilaku fase sistem multi komponen didasarkan pada beberapa zat ini cukup kompleks, melibatkan eutekti biner dan terner , endapan larutan, dan keberadaan komponen tersebut yang terlarut dalam air .

Salah satu konsekuensi dari kompleksitas ini adalah komposisi magma akan berubah – ubah karena terjadinya proses kristalisasi tersebut. Zat yang berbeda akan mengkristal pada berbagai tahap, dan padatan yang dihasilkan dapat bermigrasi atau berpindah ke arah atas atau ke bawah wilayah tergantung kepada kepadatan mereka yang berbeda jauh dari magma.

Hal ini juga diketahui bahwa kristal yang lebih besar terbentuk ketika terjadinya lelehan yang mendingin lebih lambat. Prinsip ini memberi perbedaan sederhana antara batu-batu kasar dengan plutonik halus, yang diyakini telah dibentuk oleh pendinginan bertahap kantong magma di dalam kerak, dan batuan vulkanik halus seperti basalt.

Di bawah pengaruh panas dan tekanan, terutama di batas lempeng, bahan kerak padat dapat mengalami hasil peleburan parsial atau lengkap, diikuti dengan pendinginan dan transformasi menjadi batuan metamorf seperti granit, mika, kuarsit, dan mungkin granit.

Batuan granit pernah dianggap menjadi batuan beku, yang berasal dari kristalisasi dari jenis tertentu magma. Hubungan antara batuan granit dengan daerah pegunungan, dan kesamaan komposisi mereka di daerah-daerah tersebar luas, membentuk keyakinan untuk menyusun suatu hipotesis yang lebih baru bahwa batuan granit adalah berasal dari metamorf.

Kelompok lain dari jenis batuan adalah batuan sedimen. Batuan sedimen terbentuk dari konsolidasi material yang dihasilkan oleh proses biologi, pelapukan dan proses kimia lainnya. Batuan sedimen ini mencakup sekitar tiga per empat dari luas daratan bumi yang terdiri dari 80% adalah serpih, 15% batu pasir dan 5% batu gamping.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Komponen Utama dari Kerak Bumi"