Jenis-Jenis Gunung Berapi dan Jenis Lava

No comment 27 views

Jenis-Jenis Gunung Berapi dan Jenis Lava

Jenis-Jenis Gunung Berapi dan Jenis Lava

Ada dua jenis utama dari gunung berapi yakni perisai dan komposit. Perisai gunung berapi biasanya ditemukan di tengah lempeng tektonik. Pulau-pulau seperti Hawaii adalah contoh yang baik dari jenis gunung berapi.

Ada lubang di tengah piringannya dan magma bergerak keluar dan tumpukan di atas dirinya sendiri, perlahan-lahan membangun sebuah gunung batu. Magma yang berasal dari terowongan kecil yang para ilmuwan sebut ventilasi.

Jenis lainnya adalah gunung berapi komposit. Jenis gunung berapi biasanya apa yang dianggap sebagai gunung berapi. Ini berbentuk seperti kerucut dan terutama terdiri dari abu, yang telah menumpuk dan dipadatkan selama bertahun-tahun.

Akan menemukan gunung berapi ini di zona subduksi seperti Gunung Ararat di Turki. Hal-hal yang keluar lebih kecil. Ada tidak begitu banyak lava tetapi banyak batu-batu kecil dan banyak abu. Batu-batu yang disebut piroklastik.

Bagian-bagian Gunung Berapi

Kita akan mulai di bagian bawah ketika kita melihat struktur gunung berapi. Semua batuan cair di astenosfer menemukan kelemahan dalam kerak. Batuan cair menciptakan lorong utama yang disebut pusat ventilasi (pusat lubang) .

Sebagai magma naik, ventilasi sekunder atau ventilasi lateral berkembang. Mereka yang sekunder hanya kecil dan cabang dari lubang utama. Di bagian atas gunung berapi, pada ti-tik tertinggi, adalah kawah. Beberapa gunung berapi memiliki sesuatu yang disebut kaldera.

Sebuah bentuk kaldera gunung berapi ketika mendapat berongga dan kemudian runtuh pada dirinya sendiri. Sebuah kaldera bisa terlihat seperti lekukan besar di sisi gunung berapi atau bisa terjadi di bagian paling atas.

Gerakan Lava

Bagaimana larva itu sampai ke permukaan? Semua magma yang dibuat dalam astenosfer. Astenosfer adalah lapisan batuan cair tepat di bawah lempeng benua. Magma perlahan naik melalui litosfer. Ini meningkat karena panas dan karena peningkatan tekanan di bawah. Magma perlahan bergerak naik ke lubang. Dan Lava mengalir dari gunung berapi.

Jenis-jenis Lava

Ada tiga jenis lava sebagai beikut:

  • Lava Silikat, Silikon merupakan komponen utama dari lava silikat. Ini 70 persen senyawa silikon dioksida. Itu jenis lava telah membentuk sebagian besar benua.
  • Lava mafik, Ini memiliki paling sedikit senyawa silikon dioksida yakni kurang dari 50 persen. Lava mafik memiliki banyak zat besi dan mangan.
  • Lava menengah, lava ini memiliki persentase zat silikon di antara jenis lava silikat dan mafik. Itu juga merupakan jenis batuan yang membentuk tepi benua antara dasar laut dan lempeng benua utama
Tags:
author
No Response

Leave a reply "Jenis-Jenis Gunung Berapi dan Jenis Lava"