Ciri-ciri wilayah dataran tinggi

Dataran tinggi adalah lahan dengan bentuk datar yang naik tajam di atas wilayah sekitarnya pada setidaknya satu sisi. Dataran tinggi atau Plato terjadi di setiap benua dan mengambil sepertiga dari tanah Bumi. Mereka adalah salah satu dari empat bentang alam utama, bersama dengan pegunungan, dataran, dan bukit-bukit.

Ada dua jenis dataran tinggi: dataran tinggi terpotong (dissected plateaus) dan dataran tinggi vulkanik (volcanic plateaus). Dataran tinggi terpotong dibentuk sebagai akibat dari gerakan ke atas di kerak Bumi. Pergerakan ke atas ini disebabkan oleh tumbukan lambat lempeng tektonik. Dataran Tinggi Colorado, di Amerika Serikat bagian barat, telah meningkat sekitar 0,03 sentimeter (0,01 inci) setahun yang berlangsung lebih dari 10 juta tahun.

Dataran tinggi vulkanik terbentuk oleh berbagai letusan gunung berapi kecil yang perlahan-lahan menumpuk dari waktu ke waktu, membentuk sebuah dataran tinggi dari aliran lava yang dihasilkan. Sebagian besar bagian tengah Pulau Utara Selandia Baru merupakan contoh dataran tinggi vulkanik. Dataran vulkanik ini masih memiliki tiga gunung berapi aktif: Gunung Tongariro, Gunung Ngauruhoe, dan Gunung Ruapehu.

Dataran tinggi mempunyai ciri-ciri beriklim sejuk, area pertanian dibuat berteras dengan suplai air yang cukup. Ciri lain dari dataran tinggi adalah:

Advertisement

a) Amplitudo suhu harian dan tahunan besar;

b) Udara kering,

c) Lengas (kelembaban udara) nisbi sangat rendah; dan

d) Jarang turun hujan

Erosi dapat mempengaruhi bentuk dari dataran tinggi. Baguan kecil sering terkikis menjauh dari atas dataran tinggi. Oleh karena itu banyak dataran tinggi yang atasnya berupa permukaan yang keras dan panjang disebut Caprock. Caprock melindungi dataran tinggi dari erosi tanah di bawahnya.

Lembah terbentuk ketika air sungai melalui dataran tinggi. Columbia Plateau, antara pegunungan Cascade dan Rocky di barat laut Amerika Serikat, dipotong oleh Sungai Columbia.

Erosi membentuk dataran tinggi dengan cara lain. Kadang-kadang, dataran tinggi begitu terkikis terpecah menjadi bagian mengangkat lebih kecil yang disebut outlier. Banyak dataran tinggi outlier terdiri dari sangat formasi batuan padat tua. Bijih besi dan batubara sering ditemukan di outlier dataran tinggi.dataran tinggi

Dataran tinggi terbesar di dunia adalah Dataran Tinggi Tibet, yang terletak di Asia Tengah. Membentang melalui negara Tibet, China, dan India dan menempati area seluas 2,5 juta kilometer persegi (1,5 juta mil persegi), yang merupakan empat kali ukuran negara bagian AS dari Texas.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *