Berapa Banyak Bintang dalam Tata Surya

No comment 42 views

Dalam tata surya kita, hanya ada satu bintang yang kita tahu – matahari! Tata surya kita sangat unik karena hanya memiliki satu bintang. Kebanyakan sistem tata surya lain memiliki minimal dua bintang.Ini disebut sistem biner. Beberapa sistem tata surya dengan sebanyak enam bintang telah diamati oleh para astronom.

Berapa Banyak Bintang dalam Tata Surya

Dua ahli paleontologi, David Raup dan Jack Sepkoski, mengusulkan pada tahun 1984 bahwa mungkin ada matahari kedua yang cukup dekat dengan kita untuk dilihat setiap 32 juta tahun yang disebut Nemesis.

Mereka berpikir Nemesis terletak di luar apa yang disebut Awan Oort. Awan Oort adalah awan raksasa puing-puing ruang es dan komet yang mengelilingi matahari.

Teori yang dikemukakan oleh Raup dan Sepkoski mengusulkan bahwa kepunahan massal seperti yang memmatikan dinosaurus terjadi setiap 32 juta tahun – periode waktu yang sama di mana Nemesis mungkin bisa dilihat dari Bumi.Berapa Banyak Bintang dalam Tata Surya

Teori yang paling umum mengapa dinosaurus mati adalah bahwa asteroid besar atau komet (atau sejumlah asteroid) bertabrakan dengan Bumi. Teori mengusulkan bahwa Nemesis mungkin mengganggu komet dan ruang puing-puing di Oort Cloud, yang mengirimkan puing-puing ini meluncur ke arah Bumi.

Sebaliknya, banyak ahli geologi tidak percaya bahwa kepunahan massal terjadi begitu berkala: ada banyak argumen mengenai apakah teori-teori ini benar!

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 dan 2011 menunjukkan informasi yang saling bertentangan:satu studi menemukan bahwa tidak ada bukti dalam catatan kawah untuk Nemesis;

Studi lain menemukan bukti dalam catatan fosil bahwa peristiwa kepunahan mungkin periodik, tetapi dua kali terpisah sejauh awalnya diusulkan oleh Raup dan Sepkoski pada tahun 1984.

Para astronom percaya bahwa jika Nemesis adalah ada, itu akan katai menjadi merah atau coklat. Pencarian Nemesis diperumit oleh kenyataan bahwa teknologi kita saat initidak dapat dengan mudah membedakan antara katai merah atau coklat dan bintang raksasa dari sangat jauh. Ada juga ribuan daerah yang berbeda yang berpotensi mengandung bintang yang bisa Nemesis, sehingga pencarian adalah satu besar!

Pada tahun 2012, hampir 2000 telah diidentifikasi di daerah ruang di dekat tata surya kita, tetapi tidak salah satu dari mereka telah ditemukan dalam sistem tata surya kita – sehingga tidak ada bintang-bintang ini adalah Nemesis! Dua satelit mencoba untuk melakukan survei astronomi (satu di tahun 1980-an, dan satu 1.997- 2.001) untuk mencari Nemesis, namun keduanya gagal untuk mendeteksi bintang tambahan dalam tata surya kita. Kemudian pada tahun 2011, seorang ilmuwan senior di NASA menyatakan bahwa survei langit inframerah baru yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir telah mampu mendeteksi Nemesis jika ada – tetapi survei langit inframerah telah menemukan apa-apa.

Tak seorang pun telah membuktikan bahwa Nemesis ada lagi, sehingga saat ini, masih murni teoritis. Untuk saat ini, kita hanya bisa mengatakan satu hal dengan pasti: bahwa tata surya kita adalah unik karena hanya memiliki satu bintang.

author
No Response

Leave a reply "Berapa Banyak Bintang dalam Tata Surya"