Apakah itu Meteorit

No comment 26 views

Meteorit adalah batu, tapi bukan batuan dari Bumi. Meteorit berasal dari ruang angkasa. Meteorit ditemukan di seluruh bumi. Beberapa meteorit yang super besar telah menciptakan kawah besar di seluruh dunia.

Kebanyakan ilmuwan sekarang percaya bahwa meteorit super besar menabrak bumi dan menciptakan peristiwa kepunahan untuk dinosaurus. Ada juga jutaan meteorit kecil. Batuan ini tampak seperti batu Meteorit terutama terbuat dari besi dan nikel.

Hal utama yang harus diingat tentang meteorit adalah bahwa meteorit memiliki persentase yang jauh berbeda dari unsur-unsur dari batuan di Bumi. Batuan dan mineral adalah hal yang berbeda. Batuan adalah kelompok mineral yang berbeda dan digabungkan secara bersama-sama. Batuan tidak memiliki rumus kimia.

Apakah itu Meteorit

Jenis-jenis batuan yang berasal dari bumi

1. Batuan beku

Batuan beku adalah batuan yang berasal dari lava dan magma. Batuan beku adalah batuan yang awalnya super panas dan cair. Batuan ini datang dari pusat Bumi, yang sering memulai ada di bawah kerak dan kemudian mendapatkan tekanan sehingga keluar.

Ada dua tipe batuan beku yakni ekstrusi dan intrusi. Ada batu yang membuatnya ke permukaan (ekstrusi) dan batuan yang terjebak dalam kerak tepat di bawah permukaan . Jenis batuan beku semuanya mengeras yang berubah dari batuan cair. Jika kita berjalan di sekitar gunung berapi, kita akan menemukan jenis-jenis ekstrusi.

Jenis intrusi biasanya ditemukan di daerah yang disebut pluton dan tanggul, kolam tua besar batuan cair yang tepat di bawah permukaan. Beberapa contoh batuan beku adalah granit, semua batuan vulkanik, basal, dan obsidian.

2. Batuan Metamorf

Jenis batuan ini dibuat oleh panas dan tekanan. Meskipun dipengaruhi panas , batuan ini tidak berasal dari batuan cair. Batuan metamorf dapat ditemukan dekat gunung berapi dan sumber batu super panas. Panas dari magma akan mengubah semua batu di sekitarnya.

Beberapa kekuatan panas dan tekanan telah mengubah batu-batu ini dari satu jenis ke jenis baru. Hasilnya adalah batuan metamorf. Beberapa contoh adalah marmer, batu giok, batu tulis, dan gneiss. Karena dipengaruhi tekanan dan panas jenis batuan ini biasanya ditemukan jauh di bawah permukaan. Batuan ini juga ditemukan di dekat jalur patahan bumi. Seiring waktu, karena pergerakan kerak, batuan metamorf didorong ke permukaan di mana kita dapat menemukan batuan ini setiap hari.

3. Batuan Sedimen

Yang terakhir dari jenis batuan adalah batuan sedimen yang merupakan jenis yang paling langka. Jenis batuan sedimen yang dibuat ketika memanpatkan sedimen. Hal ini cukup sederhana. Sebuah sungai mengalir melalui jurang dan mengambil banyak lumpur. Itu sedimen dan lumpur berjalan ke hilir serta membentuk endapan di mana sungai berakhir. Bisa terjadi di dataran banjir atau lembah, tapi ktai menggunakan pantai sebagai contohnya. Ketika materi yang sampai ke pantai, tersimpan di sana.

Sekarang jika kita mengamati ini terjadi selama jutaan tahun, semakin banyak sedimen menumpuk. Itu sedimen dipadatkan akhirnya menjadi jenis batuan. Contoh batuan sedimen termasuk pasir, antrasit, dan kapur.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Apakah itu Meteorit"