Apa Itu Planet Merkurius

No comment 29 views

Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari, jaraknya 36 juta mil atau 58 juta kilometer dari Matahari. Jarak planet dari satu sama lain dan dari matahari sering diukur dalam Unit Astronomi (AU).

Apa Itu Planet Merkurius

Apa Itu Planet Merkurius

Satu AU adalah jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari (93 juta mil atau 150 juta kilometer). Dengan sistem pengukuran ini jarak merkurius adalah 0,39 AU dari Matahari. Seperti semua planet lain Merkurius berputar mengitari Matahari, namun mengitari Matahari hanya berlangsung selama 88 hari.

Bumi mengitarinya berlangsung selama 365 hari dan Pluto mengitari matahari membutuhkan waktu 249 tahun.

Karena Merkurius mengitari Matahari begitu cepat, planet itu disebut utusan para Dewa Romawi. Utusan merkurius atau Hermes seperti orang Yunani mengenalnya, biasanya ditampilkan dengan memiliki sayap di topi bajanya atau sandalnya.

Ketika Merkurius mengitari Matahari, itu menempuh perjalanan 36 juta mil atau 58 juta kilometer dalam 88 hari. Ini berarti bergerak pada kecepatan 48 kilometer per detik atau 107.372 mil per jam.

Berbeda dengan bumi dan sebagian besar planet-planet lain, Merkurius berubah sangat lambat berotasi pada porosnya dan memerlukan waktu 59 hari untuk menyelesaikan pergantian dari siang hari ke malam hari.

Sisi terang Merkurius memiliki suhu 400 ° Celcius atau 750 ° Fahrenheit sedangkan sisi gelapnya sangat dingin dengan suhu -200 ° Celsius atau -328 ° Fahrenheit. Merkurius tidak memiliki atmosfer di sekitarnya untuk melindunginya dari matahari atau untuk mempertahankan panas setiap saat berputar pada porosnya.

Merkurius merupakan planet kecil. Diameternya hanya 3100 mil atau 4990 kilometer. Diameter bumi adalah 7.926 mil atau 12.760 kilometer. Jarak Merkurius dari Bumi adalah 57 juta mil atau 92 juta kilometer dan menggunakan Astronomical Unit Mercury adalah 0,61 AU dari Bumi.

Merkurius tidak memiliki bulan. Bulan adalah satelit yang melakukan perjalanan dengan planet mengitari matahari. Bumi memiliki satu bulan, Mars memiliki dua bulan yang sangat kecil dan Jupiter memiliki 16 bulan.

Permukaan Merkurius ditutupi dengan kawah dan benar-benar kering. Tidak ada kemungkinan kehidupan di Merkurius. Foto-foto pertama dari permukaan Merkurius diambil oleh Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA pada tahun 1974 dan 1975. Misi terbaru NASA untuk Merkurius disebut Messenger. Pesawat ruang angkasa Messenger memasuki orbit Merkurius pada bulan Maret 2011 dan mengirimkan kembali foto-foto baru dari planet ini. Messenger saat ini bergerak dengan Merkurius mengitari Matahari. Dari Messenger kita tahu bahwa Merkurius memiliki sejumlah besar lubang yang sangat dalam dan tidak teratur. Beberapa lubang ini dalamnya beberapa mil.

Merkurius adalah salah satu dari lima planet yang dapat dilihat tanpa menggunakan teleskop, yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Ketika Anda melihat langit di malam hari, planet-planet tidak bersinar seperti yang bintang lakukan. Merkurius sangat tidak mudah untuk dilihat, tetapi dapat dilihat rendah di barat setelah matahari terbenam atau di timur sebelum fajar.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Apa Itu Planet Merkurius"