Apa itu Biosfer

No comment 25 views

Apa itu Biosfer

Apa itu Biosfer

Biosfer adalah bagian dari geografi tentang semua kehidupan. Geografi fisik menggunakan istilah biosfer untuk menggambarkan dunia kehidupan kita. Semua mikroba, tumbuhan, dan hewan dapat ditemukan di suatu tempat di biosfer.

Biosfer meluas ke daerah-daerah atas atmosfer di mana burung-burung dan serangga dapat ditemukan. Hal ini juga sampai ke gua gelap di tanah atau ke dasar laut di ventilasi hidrotermal. Biosfer meluas ke setiap tempat kehidupan apapun yang mungkin ada.

Biosfer adalah persimpangan seluruh lingkungan ilmu bumi. Berikut adalah berbagai interaksi yang mungkin terjadi :

  • Tanah atau litosfer berinteraksi dengan lautan atau hidrosfer di garis pantai. Pantai yang penuh dengan kehidupan seperti ikan, burung, invertebrata, dan mamalia.
  • Tanah juga berinteraksi dengan udara atau atmosfer dan iklim yang berbeda. Naik gunung menjadikan udara lebih dingin dan awan mempunyai kekuatan untuk menjatuhkan air , yang menyebabkan hujan untuk pohon di hutan dan sungai yang penuh dengan ikan.
  • Bahkan ada interaksi antara kekuatan yang jauh berada di dalam bumi dan energi yang datang ke Bumi dari luar angkasa. Ventilasi vulkanik di bawah laut yang dikelilingi oleh kehidupan.

Semua interaksi ini menimbulkan adanya variasi dalam dunia kehidupan kita.

Faktor yang mempengaruhi biosfer

Banyak faktor yang mempengaruhi biosfer dalam kehidupan kita di bumi. Ada faktor-faktor besar seperti jarak antara Bumi dan Matahari. Jika planet kita lebih dekat ke Matahari, mungkin terlalu panas untuk mendukung kehidupan. Jika bumi berjarak lebih jauh dari matahari, mungkin terlalu dingin suhu di bumi ini. Kemiringan Bumi adalah sama pentingnya. Musim dan perubahan iklim musiman adalah akibat dari kemiringan Bumi. Posisi bumi yang menuju atau menjauh dari Matahari . Musim panas memungkinkan setengah dari planet untuk menghangatkan bagian bumi dan sementara separuh lainnya menjadikan bumi dalam keadaan dingin. Enam bulan kemudian, suhu bergeser ke arah yang berlawanan.

Faktor yang lebih kecil juga berpengaruh atas biosfer. Jika Anda menyaksikan sebidang tanah yang hanya satu mil persegi (atau kilometer), Anda akan melihat pengaruh iklim, cuaca harian, dan erosi. Faktor-faktor yang lebih kecil mengubah ruang hidup dan organisme harus bereaksi menyesuaikan.

Terkecil dari faktor dalam pekerjaan biosfer pada tingkat molekuler. Erosi kimia adalah contoh yang bagus dari mengubah satu molekul pada suatu waktu. Reaksi oksidasi dan reduksi mengubah komposisi batuan dan bahan organik. Ada juga erosi biologis. Organisme kecil, seperti bakteri dan jamur, terus bekerja untuk memecah bahan organik dan anorganik.

Tags:
author
No Response

Leave a reply "Apa itu Biosfer"