Apa itu Angin dan Nama-nama Angin menurut Ahli Pelayaran

Angin  disebabkan oleh udara yang bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. Kita bisa merasakan jika panas atau dingin, basah atau kering, tenang atau berangin.

Apa yang kita tidak bisa merasakannya adalah tekanan atmosfer. Atmosfer bumi adalah lapisan gas yang mengelilingi bumi. Kita biasanya hanya menyebutnya sebagai udara. Tekanan berarti berapa banyak atmosfer menekan pada hal-hal.

Kita tidak bisa merasakan udara, atau suasana, menekan kami, tapi tekanan atmosfer mengontrol cuaca kita. Jika mendengarkan ramalan cuaca, akan sering mendengar istilahg tekanan rendah atau tekanan tinggi .

Saat ini ada daerah tekanan yang rendah dan tinggi karena matahari tidak panas seluruh bumi sama. Jauh lebih panas diberikan ke atmosfer di khatulistiwa daripada Polandia.

Advertisement

Ketika udara panas, mengembang dan, menjadi ringan, meningkat dengan apa yang disebut konveksi. Sebagai udara hangat ini naik, tekanan atmosfer lebih dekat ke tanah menjadi lebih rendah.

Udara dingin dari Polandia kemudian bergerak ke daerah-daerah tekanan rendah, sementara udara khatulistiwa hangat bergerak keluar pada tingkat tinggi ke arah Polandia. Di sini mendingin dan tenggelam, mengambil tempat udara yang sekarang di Khatulistiwa.

Dalam diagram ini kita dapat melihat panah merah di kedua sisi yang menunjukkan bagaimana udara hangat naik dari khatulistiwa. Mengikuti udara putaran bumi pada tingkat yang lebih tinggi. Ketika bergerak dari khatulistiwa ke kutub, perubahan dari hangat (merah) ke biru (dingin). Ketika udara mencapai kutub tenggelam, ditunjukkan oleh panah biru di Kutub Utara dan Selatan. Sekarang seluruh lingkaran dimulai lagi. Gerakan udara ini adalah apa yang kita sebut angin.

Diagram arah angin
Diagram arah angin

Sebagai udara khatulistiwa yang hangat bergerak ke arah kutub, beberapa mendingin dan turun ke permukaan bumi lagi di sekitar garis lintang pada 30 °. Kemudian membagi dan pergi ke arah yang berbeda. Beberapa memenuhi udara dingin yang datang dari Polandia dan naik di atas itu. Sekali lagi, di sekitar lintang 60 ° beberapa udara di atas mendingin dan tenggelam. Seperti yang Anda lihat dari diagram kita udara terus meningkat dan tenggelam karena memanaskan dan mendinginkan dan memenuhi arus lain dari udara. Semua garis merah ini merupakan arus udara, atau angin berputar-putar bumi.

Nama-nama angin menurut para pelaut

Hingga paruh kedua abad kesembilan belas hampir semua kapal laut akan dirinya digerakkan oleh tangan angin. Pelaut memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang kondisi angin di seluruh dunia dan nama untuk gerakan yang berbeda dari udara.

Doldrums. Sekitar ekuator pergerakan udara terdiri dari atas dan ke bawah arus daripada angin samping. Akibatnya kapal layar bisa terhenti selama berminggu-minggu, tanpa menghirup angin untuk memindahkan mereka. Kondisi angin ini dikenal sebagai melempem.

Trade Winds . Angin ini ditemukan di sisi utara dan selatan melempem. Mereka meniup dalam menuju Equator untuk menggantikan udara hangat yang naik dari sana. Angin Perdagangan sangat handal dan membawa Magellan pada perjalanan melintasi Pasifik dan Vasco da Gama ke India setelah ia mengitari Tanjung Harapan. Perdagangan di seluruh lautan mengandalkan angin ini sampai datangnya kapal uap.

Westerlies.  Angin ini adalah angin kencang antara garis lintang 30 dan 60, yang membawa begitu banyak angin kencang ke pantai barat Eropa.

Roaring Forties. Angin ini adalah angin kuat kencang di selatan Khatulistiwa yang membuat pembulatan Cape Horn begitu sulit.

Listrik Tenaga Angin

Dunia tidak lagi tergantung pada kekuatan angin untuk membawa kapal di laut. Juga dunia tidak tergantung pada angin untuk mengubah layar dari kincir angin yang digunakan untuk menggiling gandum menjadi tepung kami. Namun, kita sekarang menemukan penggunaan baru bagi kekuatan angin.

Angin dapat digunakan untuk memutar turbin, angin besar untuk memproduksi listrik. Ini turbin besar dapat ditempatkan di darat atau di laut dibangun dan menghasilkan listrik tanpa mencemari udara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *