7 Fungsi peta secara umum

Peta adalah gambar atau representasi dari permukaan bumi, yang menunjukkan bagaimana sesuatu akan terkait satu sama lain oleh jarak, arah, dan ukuran. Peta merupakan cara untuk menunjukkan banyak hal tentang sebagian dari permukaan bumi pada selembar kertas datar yang dapat dilakukan dan diangkut dengan mudah.

Peta bukanlah foto dari permukaan bumi. Peta dapat menunjukkan banyak hal yang tidak bisa ditunjukan oleh foto, dan sebagai hasilnya, peta terlihat berbeda dalam banyak hal dari sebuah foto dari permukaan bumi.

Peta saat ini digunakan oleh orang-orang untuk menemukan tempat yang mereka belum melihat. Katakanlah Anda diminta untuk menemukan sekolah tinggi terdekat dari rumah Anda. Anda bisa berjalan tanpa tujuan dari rumah Anda dan berharap Anda menemukan sebuah sekolah.

Namun, jika Anda berpikir, Anda bisa menggunakan peta lokal untuk membantu menemukan sekolah tinggi terdekat. Skala pada peta dapat membantu Anda menentukan jarak dan legenda mengungkapkan apa simbol sekolah tinggi dalam peta. Arah di mana Anda harus berjalan juga dapat ditentukan. Namun, Anda mungkin perlu kompas untuk berjalan dengan benar.

Advertisement

Fungsi peta secara umum antara lain sebagai berikut.
l. Menunjukkan lokasi suatu tempatatau ketampakan alam di permukaan bumi.
2. Memberikan gambaran mengenai luas dan bentuk ketampakan alam di permukaan bumi.
3. Menunjukkan ketinggian tempat.
4. Menentukan arah dan j arak berbagai tempat.
5. Menyajikan persebaran gejala sosial.
6. Untuk perenca naan wilayah.
7. Untuk kegiatan penelitian.

Peta juga dapat dikatakan baik jika dapat dibaca dan dimengerti dengan mudah oleh penggunanya. Agar mudah dimengerri, peta harus memenuhi beberapa persyaratan dalam pembuatannya, yaitu sebagai berikut.peta

  1. Peta harus sama bentuk ( conform), yaitu peta yang tergambar meskipun kecil harus sebangun dengan keadaan sebenarnya . Orang yang membuat peta tidak boleh mengubah bangun­ bangun yang ada.
  2. Peta harus sama jarak ( equidistant ), yaitu perbandingan jarak pada peta harus sama atau sesuai dengan  jarak   yang sebenamya.
  3. Peta harus sama luas ( equivalent ), yaitu perbandingan luas daerah pada peta  harus sama atau sesuai dengan luas yang sebenarnya dilapangan
  4. Peta memiliki petunjuk arah yang benar sehingga memudahkan bagi pengguna dalam memanfaatkannya.
  5. Informasi yang tergambar pada peta tidak membingungkan
  6. penyajian data-data   pada   peta   harus   rapi, lengkap, dan teliti.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *